Kamis, 01 Juni 2023

Kader Bela Negara Senkom Mitra Polri Peringati Hari Lahir Pancasila 2023



        PJ Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, memimpin jalannya upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang di laksanakan di halaman Balai Kota Among Tani, Kamis 01/6/2023.  Hari Lahir  Pancasila yang di peringati setiap tanggal 1 Juni. kali  ini mengambil tema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”.
Bertindak sebagai inspektur upacara, PJ Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, tampak mengenakan pakaian adat Jawa Tengah, demikian pula para pejabat maupun undangan tampak sama sama menggunakan pakaian adat. Upacara peringatan dihadiri oleh Forkopimda Kota Batu, Kepala OPD yang ada  di Lingkungan Pemkot Batu, TNI, Polri. Kader Bela Negara, Pelajar, Dishub, Damkar, PNS, PGRI, Paskibra, serta di iringi oleh Persit TNI AU ABD Saleh.



Sambutan  Presiden Indonesia, Joko Widodo, yang disampaikan oleh PJ Walikota Batu Aries Agung Paewai, menyatakan bahwa Pancasila dan nilai-nilai yang di kandungnya merupakan falsafah dasar, pandangan hidup Bangsa, Dasar Negara, Ideologi, Kekuatan Pemersatu Bangsa, dan Sumber segala sumber Hukum Negara.
“Pancasila sebagai dasar dan ideologi Negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada, sekaligus sebagai bintang penuntun dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita Pendirian Negara, mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” ujarnya.




Hari lahir pancasila yang ditetapkan setiap tanggal 1 juni ini memiliki makna bagi rakyat dan Bangsa Indonesia, tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar Negara ataupun tujuan Berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari.




“Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar namun harus dipraktekan dan diaktualisasikan dalan kehidupan sehari-hari, sehingga nilai-nilai pancasila akan tertanam di dalam hati Bangsa Indonesia,
Presiden mengajak untuk bersama menjaga perdamaian, menjaga persatuan, dan menjaga persaudaraan.
“Marilah kita bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global, dan berkomitmen untuk bersama-sama menjaga perilaku patriotik, cinta tanah air, serta menjaga toleransi dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” terangnya.,,<lkm>






 

8 komentar:

  1. Alhamdulillah..lancar barokah...sukses selalu senkom NKRI harga mati

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. "Berbeda, tapi tetap bersatu untuk Indonesia tangguh. Jaga kebhinekaan, jaga kerukunan, saling menghargai dan menghormati. Selamat memperingati hari lahir Pancasila 1 Juni 2021."

    BalasHapus
  4. Selamat hari lahir Pancasila 1 juni 2023

    BalasHapus
  5. Salam Tangguh Salam Kemanusiaan, "Darah yang Anda sumbangkan memberi seseorang kesempatan hidup lagi. Suatu hari, seseorang itu mungkin kerabat dekat, teman, orang yang dicintai'\"-

    BalasHapus