Senin, 22 Mei 2023

Jambore Relawan Malang Raya 2023

Jambore II Relawan Malang Raya yang diadakan oleh Forum Komunikasi Kemanusiaan Malang Raya (FK2MR),  Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu - Minggu 20–21 Mei 2023 di pesisir Pantai Tamban terletak di Desa Tambakrejo Kecamatan  Sumber Manjing Wetan Kabupaten Malang. kegiatan tersebut Dalam rangka Silaturahim serta Peningkatan Kapasitas Potensi Relawan se-Malang Raya Tahun 2023, namun dalam pantauan kami peserta yang hadir tidak hanya dari Malang saja namun beberapa kota di sekitar malang, Blitar Kediri Lumajang dll dengan mengusung tema "Family Rescue Camp 2023” bersama Basarnas dan BNPB. 
Senkom Rescue (Senkom Mitra Polri) turut hadir dan memeriahkan acara tersebut, Sultoni Suryono selaku Ketua Bidang Penanggulangan Bencana dan SAR Senkom Mitra Polri Kabupaten Malang hadir bersama 10 anggota dalam kegiatan tersebut,
kurang lebih 80 instansi yang menghadiri. Disisi lain terdapat rangkaian acara yang bisa menambah kualitas relawan. Materi yang di sampaikan diantaranya Rembug Relawan, materi dari Basarnas Vertical Rescue, PPGD maupun Navigasi Darat.

Dihadiri oleh sekitar 400 relawan se-Malang Raya dan beberapa dari wilayah jawa timur acara dibuka dengan Apel pembukan, yang di pimpin oleh Pak Zaenal Kasi Sumberdaya (SD) Basarnas Surabaya. 
Juga hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Kesiapsiagaan BNPB Pangarso.
Salah satu alasannya kegiatan ini dilaksanakan di pantai tamban desa Tambakrejo adalah desa ini mendapatkan penghargaan dari UNESCO dengan predikat desa tangguh tangguh bencana.
kemandirian dan kesuksesan Desa Tambakrejo, Sumbermanjing wetan, Kabupaten Malang terhadap antisipasi terhadap bencana alam tsunami berbasis komunitas masyarakat.
Ketemu lagi dengan mas gani pemateri bhasarnas, 

3 komentar: