Kamis, 09 November 2023

Team Senkom Rescue Ikuti Training Defensive Driving Ambulance


Kepanjen// Dinas Kesehatan Kabupaten Malang bekerjasama dengan Perusahaan Jasa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (PJK3) PT. Sigma Raya Safetyndo mengadakan kegiatan Training Defensive Driving Ambulance Kabupaten Malang dengan peserta sebanyak 85 orang terdiri dari driver ambulance dari PSC 119, puskesmas, rumah sakit swasta serta relawan termasuk Tim Senkom Rescue Kabupaten Malang. Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari yaitu tanggal 7-8 November 2023.

 bertempat di Gedung Socrates Dinas Kesehatan Kabupaten Malang.
Kegiatan peatihan dari Dinas Kesehatan turut bekerja sama dengan Dinas Perhubungan dan Satuan lalu lintas Polres  Malang dalam meningkatkan kemampuan tentang defensive driving ambulance. “Pelatihan defensive driving yang diikuti oleh 85 peserta dari jajaran driver ambulans dan relawan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan salah satu standar penilaian kecakapan atau akreditasi“ ujar Puji Hadi Prasetyo selaku Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Malang.
Pelatihan Defensive Driving bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang safety driving khususnya mobil ambulans, standarisasi kompetensi driver ambulance, mendukung institusi rumah sakit, puskesmas dan relawan dalam menekan keparahan saat terjadi kecelakaan/sakit, menjamin korban dalam keadaan selamat saat dibawa/di transport dengan menggunakan ambulance.

Kegiatan pelatihan diselenggarakan baik di dalam kelas maupun praktik di luar kelas. Materi yang diberikan berupa, kebijakan pelayanan ambulans, spesifikasi ambulan, fungsi dan kegunaan alat, Teknik mengemudi ambulan, pengenalan dan pemeriksaan kendaraan (EWAGON), prinsip kegawatdaruratan, peraturan lalu lintas dan managemen resiko serta praktik skill Bantuan Hidup Dasar, teknik mengemudi, pemeriksaan kendaraan dan ada ujian akhirnya.
“Ilmu yang didapatkan jangan hanya berhenti di peserta latihan ini saja, berbagilah pengalaman karena banyak driver ambulans di lapangan yang sering menghadapi situasi sulit membutuhkan ilmu dari rekan-rekan” ujar Hari dalam pemaparan materi Defensive Driving.

“Masa muda sebar ilmu untuk menanam kebaikan agar masa tuan anti bisa menikmati hasilnya” ujar Iptu Andi Agung dalam materi Peraturan dan Etika Berlalu Lintas.

1 komentar: