Rabu, 29 November 2023

Senkom Kab Malang Ikuti Apel Gelar Pasukan dan Peralatan Polres Malang


Ketua Senkom Mitra Polri Kab Malang beserta 1 peleton anggota dan peralatan hadiri undangan Polres Malang, Selasa (28/11/2023).  Apel Gelar Pasukan dan Peralatan dalam rangka Kesiapan Penanggulangan Bencana Hidrometeorologi bertempat di lapangan apel Satya haprabu Polres Malang, Kegiatan dilakukan sebagai bentuk kesiapan menghadapi potensi bencana alam di wilayah Kabupaten Malang.

Apel dipimpin oleh Wakapolres Malang, Kompol Wisnu S Kuncoro, dan dihadiri oleh personel gabungan Kodim 0818 Malang-Batu, Brimob Detasemen B Pelopor Ampeldento, Satpol PP, BPBD Kabupaten Malang PSR, Pemadam Kebakaran, dan Senkom Mitra Polri.
Membacakan amanat Kapolres Malang, AKBP Putu Kholis Aryana, Wakapolres Malang, Kompol Wisnu S Kuncoro, menekankan kerentanan geografis dan geologis Kabupaten Malang terhadap bencana alam, khususnya bencana hidrometeorologi. 
Beberapa Kecamatan di kabupaten Malang dinilai rawan terkena dampak bencana, terutama banjir yang disebabkan oleh luapan Sungai Brantas dan sungai-sungai besar lainnya yang melintasi wilayah tersebut.

"Melihat besarnya ancaman bencana alam geometeorologi tersebut maka kita perlu meningkatkan kewaspadaan terlebih saat ini akan memasuki musim penghujan," kata Kompol Wisnu S Kuncoro di Mapolres Malang, Selasa (28/11/2023).
“Dengan adanya potensi peningkatan curah hujan pada periode musim tersebut maka perlu dibangun kewaspadaan mitigasi dan kesiapsiagaan darurat bencana hidrometeorologi dari berbagai elemen, beberapa poin penting dalam kesiapan penanganan bencana, diantaranya peningkatan sinergitas antar stakeholder, menyusun rencana kontijensi, melakukan sosialisasi persuasif dan edukatif kepada masyarakat, serta memastikan kesiapan mental dan fisik satuan tugas.

Apel gelar pasukan ini menjadi langkah konkret untuk memastikan keselamatan dan kesejahteraan masyarakat di tengah ancaman bencana alam yang mungkin terjadi.

3 komentar: