Minggu, 19 Desember 2021

Dirbinmas Polda Jatim bekali Senkom Jatim Community Policing


 

Senkomjatim.com. Pasuruan | Kapolda Jawa Timur (Jatim) Irjen Pol. Dr. Nico Afinta Karo-Karo, S.I.K., S.H., M.H., melalui Dirbinmas Polda Jawa Timur Kombes Pol Asep Irpan Rosadi, S.I.K., M.PA. mengapresiasi Kekompakan dan Sinergitas Senkom Jatim dalam membantu Kamtibmas Kepolisian.

Hal itu disampaikan Kombes Pol Asep Irpan Rosadi didampingi Kasatbinmas Pasuruan menyampaikan pesan Kapolda Jatim saat membuka acara sekaligus memberikan materi Polmas atau pemolisian masyarakat (Community Policing) pada Rapat Koordinasi dan Konsolidasi Senkom Mitra Polri Jawa Timur di Hotel Inna Tretes Pasuruan, Sabtu 11/12/2021. 

Dihadapan para Pengurus Provinsi, Ketua dan Sekretaris Kabupaten/ Kota se Jawa Timur, Dirbinmas Polda Jatim memaparkan, “Polmas itu merupakan suatu kegiatan Kepolisian untuk mengajak masyarakat melalui kemitraan anggota Polri dan masyarakat, mendeteksi dan mengidentifikasi permasalahan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Katibmas) di lingkungan serta pemecahan masalah.

“Hadirnya Senkom organisasi yang handal dan profesional dalam mewujudkan kamtibmas melalui peningkatan kesadaran masyarakat, tanpa pamrih sangat membatu kepolisian” terang Kombes Pol Asep Irpan

Landasan Instrumental terkait Polmas diatur pada Dasar hukum Polmas peraturan Kepolisian Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Pemolisian” jelas Kombes Pol Asep Irpan

Selain itu, Perwira Polisi dengan pangkat tiga bunga melati di pundak itu juga memberi arahan peran Senkom dalam Pemolisian Masyarakat dapat memberikan Informasi yang benar kepada masyarakat untuk mencegah timbulnya niat berbuat jahat/konflik.

Membantu petugas keamanan bersama Bhabinkamtibmas menyelesaikan permasalahan hukum dengan menggunakan penyelesaian secara kekeluargaan (Restoratif Justice) dan meniadakan kesempatan orang berbuat jahat seperti kegiatan patroli dan ikut operasi.

“Polmas juga berperan membantu memetakan daerah yang rawan kamtibmas dan bencana alam” terangnya.

Usai penyampaian materi, orang nomor delapan di Polda Jatim itu menyempatkan mencoba platform komunikasi andalan Senkom terkini, Senkom Digital Communication (SDC).

Melalui SDC, Kombes Pol Asep Irpan Rosadi berkomunikasi dengan anggota Senkom yang ada di Posko  Relawan Lumajang, Anggota Senkom yang ada di Sumenep bahkan memanggil anggota Senkom Cianjur.

“Ternyata SDC ini sangat bagus, Polda DIY dan Kaltim sudah menggunakan, kedepan Polda Jatim kita agendakan, mudah mudahan segera terealisasi” pungkasnya (one*)

1 komentar: